Tips Ciri-Ciri dan Cara Mengetahui Serta Mengatasi Teman Sekantor yang Tidak Menyukai Anda

02.02

Banyak orang dewasa menghabiskan waktu seharinya dengan rekan kerja ketimbang keluarga sendiri. Karenanya jika terjadi gesekan, atau ketidaksukaan maka hal itu akan sangat tidak menyenangkan.

Ketidaksukaan bisa timbul dengan alasan bermacam-macam. Namun, sebelum tahu alasan tidak disukai dan mencoba mencari solusinya, ada sejumlah tanda-tanda yang mengisyaratkannya. Berikut tanda-tanda ketika rekan tidak menyukai Anda di kantor, dikutip dari USAToday, Senin (30/10).

1. Tidak Terlihat
Istilah ini bukan secara harfiah, justru ini perumpamaan ketika Anda tidak dianggap ada. Mungkin tanda ini menjadi sinyal paling jelas jika Anda tidak disukai.

Jika ada yang tidak ingin berbicara dengan Anda dan terus menghindar coba tanyakan mengapa. Bahkan ketika Anda melakukan kontak mata dan rekan Anda menghindar, bisa jadi itu tanda paling sederhana.

2. Bahan Pembicaraan
Ketika Anda melihat ada yang berbisik-bisik di belakang atau ketika Anda melintas, bisa jadi itu sinyal ketidaksukaan. Namun, sebelum menilai seperti itu, ada baiknya melakukan pengamatan terlebih dahulu.

Hanya saja, ketika Anda jadi bahan pembicaraan kantor tanpa sepengetahuan Anda, itu bukan hal yang bagus. Sebaiknya selidiki ada masalah apa yang menyangkut diri Anda.

3. Gerak Tubuh
Rekan kerja tetap berbicara pada Anda, dia pun tidak berbisik-bisik ketika Anda melintas, namun, saat melakukan obrolan ada gerakan yang tidak nyaman ditunjukkan. Tanda tersebut bisa saja merujuk ketidaksukaan berkomunikasi.

Jika lawan bicara memutar bola mata, atau bahkan mencibir ketika berbicara, coba sedikit kulit masalah Anda dengannya. Itu menjadi tanda gerakan tidak nyaman dan sedang meremehkan.

4. Selalu dalam Masalah
Mungkin ada konspirasi di tempat kerja jika Anda terus-menerus ditempatkan dalam kondisi bermasalah. Rekan kerja yang tidak suka bisa memberi tahu kepada atasan karena pelanggaran terkecil. Hal-hal bisa menjadi lebih mengerikan lagi bila manajemennya bermasalah dengan Anda.

Berikut lima cara mudah untuk mengatasi hal-hal diatas apabila terjadi:

1. Punya rencana kerja
Menyusun rencana akan mendorong Anda mulai bertindak. Buatlah rencana-rencara sistematis yang akan membuat Anda bekerja lebih baik dan membantu mencapai hasil yang lebih baik dalam bersikap. Agar bekerja dengan lebih cerdas dan cepat, Anda harus mulai menyusun rencana.

2. Memiliki visi

Anda harus memiliki visi pribadi dalam bekerja, dan ingatlah visi tersebut saat melakukan pekerjaan tersebut. Seseorang yang bekerja tanpa tujuan hanya akan bergerak seperti mesin. Dengan tujuan yang jelas, maka sikap Anda akan lebih baik dan orang akan menilai Anda mampu jadi pemimpin.

3. Menambah pengetahuan

Satu-satunya kekayaan pribadi yang tak dapat dicuri orang adalah ilmu pengetahuan. Saat bekerja, tingkatkanlah pengetahuan Anda dengan menghadiri workshop atau berbagai seminat.

Dengan pengetahuan yang cukup, Anda akan lebih percaya diri dalam bersikap. Berbagi pengetahuan dan belajar dari orang lain juga bisa membuat Anda memiliki sikap juara baik dalam bekerja maupun dalam kehidupan pribadi.

4. Berpikir positif

Tak peduli seburuk apapun situasi yang Anda hadapi, berusahalah untuk tetap berpikir jernih. Mengatasi waktu-waktu sulit dengan berpikir positif dapat membantu Anda menyelesaikan berbagai masalah dengan lebih mudah.

Jangan pernah biarkan diri Anda bersikap buruk saat menghadapi persoalan buruk. Hal tersebut sangat berpengaruh dalam kehidupan kerja Anda.

5. Memberi dukungan

Memberikan dukungan dan semangat pada rekan kerja Anda kadang diperlukan. Jadilah kontributor yang baik dalam tim kerja serta bantu rekan kerja untuk mencapai hasil yang diharapkan.

Sikap ramah seperti itu, akakn membangun suasana kerja yang nyaman. Dengan begitu, pekerjaan akan terasa lebih menyenangkan. Hindari sikap-sikap yang bisa mengacaukan situasi kerja.

Bekerja selalu bisa jadi menyenangkan dan sukses jika Anda memiliki sikap positif. Dengan selalu bersikap baik, kesuksesan sedang menanti Anda.
Copyright:
Republika.co.id
Liputan6.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »