Kunjungan Kerja Wakapolda Kepri Ke Kabupaten Lingga

23.46

 

Wakil Kepala Kepolisian Daerah Kepulauan Brigjen Pol Drs. Darmawan M.Hum  beserta Rombongan melakukan rangkaian kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Lingga, Sabtu (10/04/2021).

Dalam kunjungannya jenderal bintang satu ini didampingi  Dir Polairud Polda Kepri Kombespol Gieuseppe Reinhard Gultom, SIK, Dansat Brimob Polda Kepri Kombespol Mohamad Rendra Salipu, SIK, M.Si, Kabid Humas Polda Kepri Kombespol Harry Goldenhardt S, SIK, M.Si, Kapolres Lingga AKBP Arief Robby Rachman, SH, SIK, M.Si, Wakapolres Lingga, Koorspripim Polda Kepri, PJU Polres Lingga, Kasubdit Provos Polda Kepri.

Kegiatan pagi diawali dengan menghadiri Pelatihan Pertempuran Operasi Pendaratan Tingkat Koarmada I dan Peresmian Puslatpurmar 9 Dabo Singkep dan Upacara Peresmian Pengukuhan Komandan Puslatpurmar 9 TNI AL Dabo Sibgkep berlokasi di Pantai Todak Dabo Singkep.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi Pulau Berhala Kecamatan Singkep Selatan guna meninjau Pos Polisi di wilayah tersebut dan melaksanakan bakti sosial dengan memberi bantuan paket sembako kepada masyarakat Desa Berhala yang kurang mampu yang terdampak dari pandemi Covid-19. 

Kapolres Lingga AKBP Arief Robby Rachman, SH, SIK, M.Si mengatakan bahwa kunjungan kerja ini merupakan pertama kalinya bagi Bapak Wakapolda Kepri Brigjen Pol Drs. Darmawan, M.Hum mengnjungi Kabupaten Lingga guna melihat secara lansung kesiapan personil Polri dalam melaksanakan tugas sehari-hari ditengah masyarakat, sekaligus bertatap muka dengan masyarakat dan memberikan bantuan sembako kepada masyarakat Desa Berhala Kecamatan Singkep pesisir Kabupaten Lingga.

Kegiatan bakti sosial dengan memberikan sembako sebanyak 50 Paket Sembako dan dilanjutkan dengan ramah tamah bersama masyarakat desa berhala serta Foto Bersama.

Setelah melaksanakan bakti sosial Wakapolda Kepri beserta rombongan mengunjungi Polsek Daik Lingga guna meninjau anggota Polsek serta bersilaturahmi dengan tokoh masyarakat setempat dan mengunjungi Museum Linggam Cahaya serta Instana Damnah di Daik Lingga. (Am/Az)

Resmikan Surau Al Hakim, Gubernur: Jadikan Surau dan Masjid Sebagai Laboratorium Untuk Lahirkan Pemimpin Hebat

06.38

Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad SE MM mengapresiasi semangat warga RT I RW 12 Kampung Sidomulyo Kelurahan Batu 9, Tanjungpinang Timur Kota Tanjungpinang dalam membangun Surau Al Hakim secara swadaya. Berdirinya Surau Al Hakim yang begitu megah merupakan bukti bahwa warga Sidomulyo menaruh perhatian besar terhadap keberadaan Masjid dan Surau. 

Demikian dikatakan Gubernur Ansar Ahmad ketika meresmikan Surau Al Hakim yang disejalankan dengan peletakkan batu pertama pembangunan taman pendidikan Al Quran (TPQ) Al Hakim di Kampung Sidomulyo Kelurahan Batu 9, Sabtu (10/4). 

Menurut Gubernur, keberadaan surau dan masjid memegang peranan penting dalam pembangunan umat. Masjid dan Surau tidak hanya tempat ibadah dan muamalah tetapi juga sebagai salah satu sarana dalam kegiatan lain yang bersifat sosial dan edukasi. 

"Surau dan masjid juga salah satu tempat penggodokan dan kaderisasi bagi calon pemimpin umat. Surau dan masjid itu laboratorium calon pemimpin. Banyak pemimpin dari semua level yang dilahirkan dari surau dan masjid," ujar Gubernur. 

Dijelaskan Gubernur, pemimpin yang lahir dari laboratorium masjid dan surau selalu menggunakan landasan agama dalam bekerja. Mereka selalu menyadari bahwa tugas dan tanggung jawab yang diberikan kepadanya merupakan sebuah amanah yang nantinya bakal dimintai pertanggungjawaban. 

"Karena itu saya berharap jadikan Surau Al Hakim untuk laboratorium pembangunan karakter anak-anak di Kampung Sidomulyo ini. Saya yakin suatu saat insyaa Allah akan lahir pemimpin-pemimpin hebat dari kampung ini," kata Ansar Ahmad yang disambut tepuk tangan meriah masyarakat yang hadir di acara tersebut. 

Dalam kesempatan itu Ansar Ahmad secara pribadi juga membantu Rp 19 juta untuk pembangunan TPQ, ibu-ibu kompang, dan pembinaan remaja Surau Al Hakim. 

Sementara itu Ketua Surau Al Hakim, Syaparudin, dalam kesempatan yang sama mengatakan pembangunan Surau Al Hakim menghabiskan anggaran kurang lebih Rp 700 juta di lahan wakaf dari H. Farada Harahap seluas kurang lebih 700 meter. Semua anggran untuk membangun Surau tersebut murni dari swadaya masyarakat.

"Bahkan kita juga sudah membeli lahan 4 kapling untuk pembangunan TPQ. Mohon Pak Gubernur untuk secara resmi melakukan peletakkan batu pertama atas pembangunan TPQ Al Hakim tersebut," harap Syaparudin. 

Masyarakat Kampung Sidomulyo, kata Syaparudin, sangat berterima kasih atas kepedulian Gubernur Kepri terhadap pembangunan Surau dan TPQ Al Hakim tersebut. 

"Saya dan seluruh warga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kepedulian Pak Gubernur  Dalam kesempatan ini saya dan warga juga mengucapkan selamat ulang tahun kepada Pak Gubernur Haji Ansar Ahmad SE MM yang hari ini genap berusia 57 tahun. Semoga Pak Gubernur sukses dan sehat selalu," tutupnya.

Danramil Senayang Laksanakan Kegiatan Karya Bakti Di Desa Batu Belubang

06.14

Lingga_SP. Danramil 06 Senayang KAPTEN Inf. Saputra beserta Babinsa se Koramil 06 Senayang berkunjung ke Desa Batu Belubang Kecamatan Bakung Serumpun dalam rangka melaksanakan kegiatan gotong royong (Karya Bhakti)  bersama masyarakat setempat. 

Kedatangan rombongan Danramil 06 Senayang ini di sambut langsung oleh Kepala Desa Batu Belubang,  Arwan M. Pdi. 

Dalam sambutannya Arwan menyampaikan terimakasih atas kehadiran Danramil dan rombongan "Kami Sebelum nya mengucapkan terima kasih banyak kepada danramil beserta rombongan karena telah bersedia melaksanakan kegiatan Karia Bakti di Desa kami" ucap Arwan dalam sambutannya. 

"Kami mohon maaf atas segala kekurangan kami mungkin dalam penyambutan kami,sekali lagi kami ucapkan terima kasih banyak buat danramil beserta rombongan semoga kedepan kita bisa semakin bekerja sama" tambah Arwan. 

Di tempat yang sama Danramil 06 Senayang mengucapkan ribuan terimakasih atas sambutan dan pelayanan dari Kepala Desa  Batu Belubang dan masyarakat setempat "Saya selaku danramil 06 senayang mengucapkan ribuan terima kasih kepada kepala desa,khususnya terhadap masyarakat  karena telah antusias menyambut kami,  dan melayani kami dengan baik" ucap Danrami dalam sambutannya. 

"Jadi saya sampaikan disini maksud tujuan saya beserta anggota saya ingin bersilaturahmi dan ingin melaksanakan giat gotong royong yaitu karya bakti, agar kita dapat menjaga kebersihan dan bisa hidup sehat".

"Selain itu saya juga ingin menyampaikan himbauan bahwa dalam pertegahan bulan juli ini akan ada pembukaan penerimaan calon bintara TNI AD, jadi saya berharap agar masyarakat khususnya desa batu belubang ada yang berminat untuk mengikuti penerimaan calon bintara TNI AD" ungkap nya

"Satu lagi saya ucapkan terima kasih kepada anggota kapospol agar kita tetap bersinergi dalam melaksanakan tugas" tambah Danramil 06 Senayang. 

Kegiatan dilanjutkan dengan Gotong Royong Bersama ( Karya Bakti ), di sekitaran Kantor Desa Batu Belubang,  09/04. (Amri/Az)

Wakil Bupati Lingga Kunjungi Museum Linggam Cahaya

06.09

Lingga_SP. Mengawali Jumat yang penuh berkah, Wakil Bupati Lingga beserta rombongan datang ke Museum Linggam cahaya, di Daik Lingga, museum yang banyak menyimpan peninggalan-peninggalan bersejarah, yang dikelola oleh pemerintah daerah.

Dalam penyampaiannya Neko,  sapaan akrab Wakil Bupati Lingga mengatakan bahwa "Rugilah rasenye kalau datang ke Daik Lingga, tidak singgah di Museum Linggam Cahaya,  tidak jauh dari Museum Linggam cahaye ade Makam Merah, replika istana Damnah dan Sungai Tande, yang banyak menyimpan nilai sejarah" ungkap nya

"Kami mengajak masyarakat semue, untuk meramaikan beranda media sosial kite, dengan foto-foto objek wisata yang ade di daerah kite, apelagi besok hari Sabtu dan Minggu adelah hari libur" tambah Wakil Bupati Lingga dengan khas logat melayu nya.

"Semoge sejalan dengan berkurangnya pandemi ini, semakin banyak orang-orang yang berkunjung ke Lingga" harap Neko. (Am)

Propam Polda Kepri Temui DPC AJOI Lingga

03.54

Lingga - SatuPortal.Net - Menanggapi pemberitaan yang bertajuk "Maraknya Pembalakan Liar  Kabupaten Lingga, Aparat Terkesan Tutup Mata". Tim Propam Polda Kepri turun ke lingga dan melakukan gelar bincang silaturahmi sekaligus perkenalan kepada wakil sekretaris Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Aliansi Jurnalistik Online (AJO) Indonesia Kabupaten Lingga.

Gelar temu bincang perkenalan dan sekaligus menjalin hubungan silaturahim kepada wartawan tersebut berlangsung pada Rabu 07 April 2021, bertempat Sekretariat DPC AJOI Lingga beralamat Jl. Prusahaan Timah Dabo Kecamatan Singkep.

Wakil Sekretaris DPC AJOI Lingga, Eka Ary Sandi, Perwakilan Kepala biro untuk wilayah Kabupaten Lingga dari media online Liputankepri.com. Usai temu bincang yang berlangsung lebih kurang 60 menit menjelaskan.

"Pertemuan kami bermula dari kontak telpon seluler abang-abang dari Propam Polda Kepri kepada saya, entah dari siapa daapt nomor handphone saya mereka menelpon memperkenalkan diri dan sekaligus pingin ketemu untuk saling kenal dan berbincang dengan saya", ucap Eka Ary Sandi yang lebih akrab dengan panggilan Ary, Rabu 07/04/2021.

Lebih lanjut Ary mengatakan, temu bincang yang berlangsung lebih kurang 60 menit kemarin, kebanyakan membahas seputaran masalah pemberitaan yang saya rilis dan tayangkan pada Senin 22 Maret 2021 lalu. Mereka menanyakan apakah ada ?, dan siapa saja yang melakukan Intimidasi kepada saya hingga kini sejak berita itu diterbitkan ?. 

"Itu sudah biasa dan resiko kita sebagai jurnalis bang, masalah intimidasi berupa cacian dan ancaman itu sudah pasti kami alami dan itu kebanyakan datangnya dari setiap orang yang merasa terganggu dan tidak senang dengan karya tulis kita", jawab saya dengan rilek (Ary-red) kepada mereka, ucap Ary.

Masih kata Ary, Mereka menjelaskan juga, kedatangan ke Lingga, dalam rangka menjalankan tugas/printah pimpinan dan mereka ramai bukan hanya yang menemui saya saja.

"Kami ke lingga ini menjalankan tugas/perintah pimpinan bang, dan masih banyak lagi rombongan kami, semuanyadari Propam Polda Kepri. Tujuan kami datang ke Lingga ini guna mengetahui bagaimana dan sejauh mana aktivitas masyarakat di lingga, terutama terkait rilis berita yang abang tayangkan", jelas mereka kepada saya, terang Ary.

"Banyak hal dan permasalahan yang dipertanyakan kepada saya namun sebagai jurnalis saya hanya menjelaskan sebatas apa yang saya ketahui dan tidak lari pokok pembicaraan dengan apa rilis berita yang saya tayangkan. Masalah informasi lain saya tidak memaparkan banyak hal. Karena itu bukan hak saya dan saya tidak menyimpan rasa dendam ataupun namanya namun setiap rilis berita yang saya tayangkan, itu adalah fakta bukan opini saya demi suatu kepentingan", tambah Ary. (Am)

Anggota komisi 1 DPRD Kabupaten Lingga Melakukan Reses

01.55

Lingga – Anggota komisi 1 DPRD Kabupaten Lingga Melakukan reses. 

Di Masa-masa reses ini merupakan masa penting yang sejatinya fungsional dalam menjaring aspirasi masyarakat.

Hal itu sangat disadari oleh anggota dewan yang berkantor di Daik Lingga, Kabupaten Lingga,

Kamis (8/4/2021) 

Sosialisasi dalam reses menampung aspirasi masyarakat yang dilakukan oleh Komisi 1 DPRD Kabupaten Lingga yaitu Jimi AT di Desa tinjul Kecamatan Singkep barat kabupaten lingga provinsi kepri, berjalan dengan lancar.

“Reses ini merupakan kewajiban kami sebagai wakil rakyat. Anggota DPRD. Turun menjaring informasi, menghimpun seluruhnya untuk kemudian disalurkan sesuai aturan,” 

Dia menjabarkan, dari suara – suara masyarakat yang berhasil dihimpun melalui reses tersebut, kemudian akan direkap dan dibuat rekabnya, 

Hingga di teruskan pada pimpinan dewan.

“Selanjutnya kita akan teruskan ke pimpinan dewan, yang kemudian pimpinan dewan meneruskan pada OPD terkait,” papar anggota dewan yang akrab dipanggil bg jimi ini.

Dalam kesempatan yang sama Jimi AT DPRD Lingga, mengatakan kegiatan reses sangat penting dan sayang sekali jika tidak dimanfaatkan untuk menyaring aspirasi masyakat di Kabupaten Lingga khususnya Desa Tinjul.

“Tapi ini tergantung hati nurani. 

Reses ini momen kita bertemu masyarakat Jarang – jarang kita bertemu konstituen yang selama ini mempercayai kita. 

Dengan kesibukan agenda di dewan, 

ini momen yang harus kita manfaatkan,” ucap jimi.

Hasil pantauan awak media ini.

Pada reses tersebut yang hadir mengikuti porkes,

tampak antusiasme masyarakat bagi anggota dewan yang sudah mereka beri kepercayaan. 

Berbagai isu seperti fasilitas umum (fasum), harapan dibina, bahkan dukungan moral disampaikan oleh masyarakat.

“Mendengarkan keluh – kesah, aspirasi warga, itu memang tugas anggota dewan. Dalam kegiatan ini, kita fokus mendengarkan untuk kemudian disalurkan. Bukan sekedar mengadakan pertemuan tanpa hasil membangun di masa depan,” kata jimi.

Masalah – masalah signifikan di bidang kesehatan misalnya, ditemui saat reses berjumpa dengan perwakilan, RT dan RW, serta elemen masyarakat lain.

“Penyampaian dari masyarakat sangat banyak. Keluhan mereka terkait sarana – prasarana pembangunan Gazabo pariwisata tempat bersejarah yaitu perigi hangtuah terletak di S. Duyung, TPT Tembok Penahan Tanah daerah pemukiman warga. Dan Kondisi Polindes. Banyak hal Kebutuhan Lapangan futsal / Volly bal yang belum ada, trutama jembatan penghubung antar Desa, Sungai ulu gelam tepatnya di daerah Desa Tinjul” ucapnya,

Seluruh keluhan masyarakat dan harapan, dikatakan anggota dewan akan ditindaklanjuti secara maksimal. Realisasi anggaran untuk program – program yang Disetujui,

“Kita tidak memberi janji muluk. 

Dan akan di perjuangkan Insya Allah 

Kita usahakan semaksimal mungkin di sesuaikan pagu anggaran yang terbatas. 

Laporan * Abdullah, 

Hanya 40 Ribu Info Layanan Murah Pengganti Swab/Antigen Perjalanan Bandara Internasional Hang Nadim Batam

23.34

 

Info Layanan Pengganti Swab/Antigen Perjalanan Bandara Internasional Hang Nadim Batam.(AM)

Siaran Pers Polres Lingga : Ciptakan Kamtibmas Aman dan Kondusif Polsek Singkep Barat bersama Stakeholder Kecamatan Lakukan koordinasi

23.28

 


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Selamat Pagi
Salam Sejahtera untuk kita semua

Siaran pers nomor :  20 / IV /HUM.6.1.1. / 2021 / Polres Lingga - Kamis, 08 April 2021.

Ciptakan Kamtibmas Aman dan Kondusif Polsek Singkep Barat bersama Stakeholder Kecamatan Lakukan koordinasi.

Kapolsek Singkep Barat IPTU. Bakri S.IP bersama Stakeholder Kecamatan Singkep Barat lakukan koordinasi dalam rangka menciptakan Situasi Kamtibmas yang aman dan kundusif serta meningkatkan  Penerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) bertempat gedung ruang tunggu Pelabuhan Ferry Desa Jagoh Kecamatan Singkep Barat Kabupaten Lingga, Rabu (07/4/ 2021.

Kegiatan Koordinasi tersebut di hadiri Camat Singkep Barat Febrizal Taufik, S.Pi, Kapolsek Singkep Barat IPTU Bakri, S.IP, Kabid P2P Dinkes Lingga Fazinawati, Kasi Surveilans Dinkes Lingga Mellyanti, Dishub Kab. Lingga Yunda, Bhabinkamtibmas Desa Jagoh Briptu Dedi Marzuki, Babinsa Desa Jagoh Serka Zulkifli, Ketua Organda Suprapno, dan diikuti Personil Polsek Singkep Barat, Personil Satpol PP Pemkab Lingga serta Personil Dishub lingga yang ditugaskan di Pelabuhan Ferry Jagoh.

Kapolres Lingga AKBP Arief Robby Rachman, S.H, S.I.K, M.Si melalui Kapolsek Singkep Barat IPTU. Bakri, S.IP menyampaikan bahwa, dilakukannya Kegiatan Koordinasi bersama Stakeholder Kecamatan guna menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan Kondusif menjelang bulan Ramadhan dan saat Bulan Ramadhan serta Hari raya Idul Fitri nanti khususnya di Pelabuhan Ferry Desa Jagoh.

"Adapun Hasil koordinasi bersama Stakholder diantaranya saling besinergi guna menciptakan situasi kamtibmas aman dan kondusif menjelang bulan Ramadhan dan saat bulan Ramadhan serta hari Raya Idul Fitri nanti.

Guna mengantisipasi penyebaran covid-19 pemda Lingga melalui tim gugus tugas Dinkes Lingga bersama TNI-Polri, Satpol PP dan Dishub akan melakukan kegiatan screening bagi penumpang kapal yang akan dimulai pada tanggal 07 April 2021.

Setiap warga dan penumpang yang beraktifitas di pelabuhan Jagoh wajib mematuhi protokol kesehatan ( Prokes) yaitu menggunakan masker, cuci tangan, screening, dan pengukuran suhu tubuh.

Supir angkutan umum dan penjemput, wajib menunggu diluar area yang sudah dibatasi oleh petugas, dengan mengaktifkan sistem buka tutup, pintu masuk dan keluar Pelabuhan Jagoh.

Setiap Penumpang wajib melakukan screening dipelabuhan jagoh". tutur Kapolsek

Lanjut, kapolsek  mengatakan "Dalam Pelaksanaan hasil koordinasi tersebut di harapkan Kepada Masyarakat yang beraktifitas di Pelabuhan Ferry Desa Jagoh supaya  mematuhi hasil Koordinasi tersebut guna menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif serta Pencegahan Penyebaran Covid-19". tutupnya.

Salam Hormat kami
Humas Polres Lingga
Wassalamualaikum Wr.WbAKP Hasbi Lubis
Kasubbaghumas Polres Lingga
e-mail : humas.polres.lingga@gmail.com
Telp/Fax : 082387186609
Twitter : @Humas_reslingga
FB : Humas Polres Lingga
IG : @humas.polres.lingga

Gubernur Kepri: Ekonomi Bintan Harus Kuat dan Leading di Angka Pertumbuhan

19.02

Bupati Bintan H. Apri Sujadi SSos menaruh harapan besar pada Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad SE MM agar ikut mendorong terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bintan. Sektor perekonomian Bintan saat ini yang terkontraksi sampai minus 4,28 persen diharapkan terdongkrak ke arah positif dengan dorongan dan dukungan yang kuat dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau. 

Demikian dikatakan Bupati Bintan Apri Sujadi ketika membuka Musrenbang Kabupaten Bintan yang digelar di aula Kantor Bupati, Rabu malam (7/4). 

"Musrenbang Kabupaten Bintan hari ini tergolong istimewa. Selama saya menjabat jadi Bupati, baru kali ini Gubernur Kepri hadir langsung di Musrenbang Bintan. Tentu ini momen penting yang diharapkan jadi pemacu bagi peningkatan pembangunan dan perekonomian Kabupaten Bintan," jelas Apri Sujadi. 

Dijelaskan Apri, meski saat ini perekonomian masih minus dalam pertumbuhan namun dirinya tetap optimistis Bintan bakal menjadi salah satu lokomotif pertumbuhan ekonomi di Kepulauan Riau. "Investasi di Bintan tahun 2020 tercatat 1,32 miliar Dolar Amerika. Besarnya investasi yang masuk menjadi faktor penting dalam memacu pergerakan ekonomi kita. Karena itu sinergitas dan dukungan Pak Gubernur diperlukan agar Bintan tetap survive pada pertumbuhan ekonomi yang terus meningkat," harapnya. 

Faktor terealisasinya Jembatan Batam - Bintan dan dibukanya secara resmi kawasan wisata Lagoi untuk wisatawan asing mulai akhir April 2021, tambah Apri, membuat Bintan makin yakin bakal menjadi daerah penyangga perekonomian yang kuat di Kepri. 

"Pertumbuhan ekonomi kita saat ini memang masih minus 4,2 persen dikarenakan sektor pariwisata terkontraksi sangat berat akibat pandemi Covid 19. Tetapi di sisi lain angka kemiskinan Bintan juga turun pada level 6,3 persen selama Covid," ungkapnya. 

Dalam kesempatan tersebut Apri juga melaporkan tentang Kabupaten Bintan yang ditetapkan sebagai daerah paling inovasi secara nasional di tahun 2020. 

Sementara itu Gubernur Kepri Ansar Ahmad dalam kesempatan yang sama mengatakan Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) Kabupaten Bintan di tahun 2019 menunjukkan prosentase yang cukup besar yakni 58,34 persen. PMTB merupakan faktor penting dalam mendorong pembangunan dan pertumbuhan ekonomi baik daerah maupun pusat. Dan faktor yang mempengaruhi PMTB tidak terlepas dari upaya mengetahui besaran investasi yang dilakukan suatu wilayah dari tahun ke tahun.

“PMTB Bintan cukup besar yakni 58,34 persen. Tadi Pak Bupati melaporkan tentang modal investasi, baik PMA maupun PMDN, yang sudah masuk ke Bintan yang nilainya cukup besar. PMTB ini juga faktor penting bagaimana membuat Bintan tetap leading di angka pertumbuhan ekonomi nantinya," jelas Gubernur.

Karena itu, harap Gubernur, Kabupaten Bintan diminta tetap mengedepankan program relaksasi terhadap semua investasi yang masuk. Tidak hanya relaksasi di bidang fiskal tetapi juga dari segi kebijakan dan regulasi. Menurut Gubernur bergeraknya perekonomian suatu wilayah juga ditentukan oleh besaran investasi yang masuk yang merupakan penggerak utama suatu perekonomian yang mengubah input menjadi output berupa barang dan jasa. 

Karena itu Gubernur meminta setiap investasi yang masuk perlu dijaga dan dirawat. Jangan sampai investor merasa tidak nyaman karena adanya regulasi-regulasi dan kebijakan tertentu yang berujung peningkatan biaya produksi.

"Setiap investasi adalah telur emas yang bagus. Tentu harus dijaga dan dirawat agar menghasilkan telur emas-telur emas baru yang menguntungkan baik bagi daerah dan masyarakat," tutupnya. (AM)

Stop Intimidasi Terhadap Jurnalis ?! Yang Beredar Di Akun FB Lingga

18.59

Diduga terkait penayangan pemberitaan, seorang Jurnalis media online "liputankepri.com" bernama Eka Arisandi, terpaksa menerima bulian serta ancaman dari warganet melalui akun FB miliknya. 

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi terhadap keselamatan jiwa yang mungkin saja terjadi, maka Eka Arisandi, setelah mendapat arahan dari Pemimpin Redaksi medianya serta berkoordinasi dengan sesama insan pers dalam satu wadah organisasi yang menanunginya, lalu mendatangi Mapolres Lingga pada hari Rabu (24/03-2021) untuk membuat pengaduan. 

Dengan didampingi beberapa orang rekan Jurnalis dari berbagai media, sekira pukul 16:09 Wib diterima di ruangan Reskrim Polres Lingga, lalu petugas melakukan pemberkasan terhadap pengaduan yang disampaikan oleh Eka Arisandi.

Usai membuat suatu pengaduan, sekira pukul 21.05 Wib malam, Eka Arisandi bersama-sama rekan-rekan awak media meninggalkan ruang Reskrim Polres Lingga.

"Pihak Reskrim Polres Lingga, akan segera melakukan penyelidikkan terhadap siapa-siapa pemilik akun FB dimaksud", demikian kata Eka Arisandi kepada rekan yang mendampinginya, disela-sela perjalanan pulang dari Mapolres Lingga.

Peristiwa bulian dan atau apapun namanya melalui media sosial yang mengarah kepada suatu perbuatan yang tidak menyenangkan, apa lagi sampai membuat seseorang merasa terancam, sebaiknya janganlah dilakukan, karena akan terjerat sesuai undang-undang ITE akan sangat-sangat memungkinkan untuk diterapkan. 

Kepada semua komponen masyarakat, untuk perlu selalu mengingat dan diingat, bahwasanya Jurnalis dalam menjalankan fungsinya, mendapat perlindungan hukum oleh negara sesuai undang-undang Pers no:40 tahun 1999. Oleh karena itu, tidak boleh ada intimidasi dari siapapun, dari kelompok manapun terhadap si Jurnalis.

Meskipun Jurnalis itu dalam melaksanakan fungsinya dilindungi oleh hukum, bukan berarti Jurnalis itu kebal hukum. Ketika seseorang dan atau sekelompok orang merasa dirugikan dengan suatu pemberitaan oleh si Jurnalis, dalam hal ini tentunya bisa pula menyampaikannya kepada pihak-pihak penegak hukum.

Jadi, kepada semua pihak, diharapkan memahami bahwasanya Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah berbentuk Negara Hukum, untuk itu, segala sesuatu yang berpotensi menjadi polemik, maka sebaiknya diselesaikan secara Hukum pula. Stop Intimidasi kepada wartawan. (RAN).

Sumber:Edysam-Lintasindonesia.co.id

Gubernur Ansar Tinjau Proyek Jalan SP II Senilai Rp 72, 6 M di Siantan

18.43


Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad didampingi Bupati Anambas Abdul Haris dan Kepala Dinas PUPR Abu Bakar meninjau pelaksanaan proyek pembangunan Jalan Selayang Pandang (SP) II Kecamatan Siantan di pesisir Tarempa, Senin pagi (5/4).

Proyek jalan sepanjang 1 kilometer yang dibangun di atas laut tersebut senilai Rp 72,633 miliar dan dikerjakan oleh PT Ganesa Bangun Riau Sarana dengan konsultan pengawas PT Bina Index Consult.

"Proyek jalan SP II ini dibangun dengan anggaran APBD Anambas tahin 2019-2021. Karena dilaksanakan secara multiyears maka kita harapkan selain tepat waktu juga harus selesai dengan baik," ujar Gubernur Kepri Ansar Ahmad.

Infrastruktur jalan penghubung, kata Gubernur, merupakan sarana penting dalam memacu perputaran perekonomian di Tarempa. Karena itu Gubernur berpesan agar pengerjakan proyek jalan SP II tidak ditemukan masalah dan hasilnya sesuai yang diharapkan oleh semua pihak. 

"Proyek ini dikerjakan dari anggaran APBD yang bersumber dari masyarakat. Tentu outputnya bisa mendorong kehidupan masyarakat yang lebih baik," ujarnya.

Proyek jalan SP II saat ini masih dalam taraf pengerjaan. Dari pantauan di lapangan alat berat dari kontraktor pelaksana terus bekerja melakukan pemancangan tiang beton sebagai penyangga badan jalan.

Bupati Anambas, Abdul Haris, berharap pihak kontraktor pelaksana bekerja sesuai target yang sudah ditentukan. "Karena proyek jalan ini sangat penting, kita harapkan ada progres dalam setiap pengerjaannya. Tarempa sebagai ibu kota kabupaten memang harus terus kami benahi dengan infrastruktur yang memadai," pungkas Abdul Haris. (AM)

Jalan Belungkur Akan Kita Perbaiki, Kebersihan Masjid Tolong Diperhatikan

06.01

 

LINGGA,- Sekitar 50 tokoh masyarakat Desa Belungkur Kecamatan Lingga Timur beramai-ramai menemui Gubernur Kepri Ansar Ahmad di kediaman Raja Ishak di Daik Lingga, Selasa malam (6/4). Dalam pertemuan tersebut masyarakat Belungkur minta agar Pemprov Kepri memperbaiki jalan dari Desa Kerandin ke Belungkur serta dari Belungkur ke arah pantai yang kondisinya rusak parah.

"Sudah bertahun tahun jalan utama di desa kami rusak parah. Kami minta bantu agar Pak Gubernur memperbaiki desa kami karena merupakan akses utama bagi masyarakat yang masuk dan keluar dari Belungkur," ujar Arham salah seorang tokoh masyarakat yang juga ketua BPD Belungkur dalam pertemuan tersebut.

Menurutnya, kondisi jalan utama desa Belungkur saat ini rusak berat. Kalau hujan lebat jalan jadi berlumpur dan tergenang air. Pada hal jalan tersebut juga sarana penting untuk memajukan Belungkur yang terkenal memiliki pantai pasir putih yang sangat eksotis. "Kalau jalan bagus insyaa Allah Belungkur akan maju. Karena kita punya pantai yang indah," katanya.

Sementara itu Gubernur Kepri Ansar Ahmad yang didampingi Kepala Dinas PUPR Abu Bakar mengatakan, pihaknya memang ingin memperbaiki jalan di desa tersebut. "Saya sudah dua kali ke Belungkur. Saya memang berniat memperbaiki jalan di Belungkur untuk memajukan dunia wisata. Belungkur punya pantai yang indah. Sayang kalau tidak didukung infrastruktur jalan yang memadai," kata Gubernur.

Tajun ini, jelas Ansar Ahmad, pihaknya akan mulai memperbaiki jalan di Belungkur meski belum semuanya. "Sesuai kemampuan anggaran, tahun 2021 ini akan kita perbaiki jalan dari Desa Kerandin ke Belungkur sepanjang 3,8 kilometer dari total panjang jalan sekitar 5 kilometer. Sisanya  sepanjang 1,2 kilometer akan kita anggarkan di tahun 2022," jelas Gubernur yang disambut tepuk tangan masyarakat yang ikut pertemuan.

Tidak hanya itu, Pemprov Kepri juga akan memperbaiki jalan utama dari Belungkur ke arah pantai sepanjang 6 kilometer di tahun 2022. "Nanti kita dorong dengan dana alokasi khusus (DAK). Mudah-mudahan bisa selesai semua," jelas Ansar.

Namun dalam kesempatan tersebut Gubernur minta agar masjid di Belungkur dibersihkan mulai dari toilet, tempat wudlu, halaman masjid dan kondisi dalam masjid. 

"Waktu ke Belungkur, saya menyempatkan sholat dzuhur di masjid itu. Tapi kondisinya kotor dan tidak terawat. Saya minta masyarakat Belungkur agar menjaga kebersihan masjid tersebut dan memakmurkannya. Bagaimana kita dimudahkan usaha dan dimurahkan rezeki kalau rumah Allah saja diabaikan dan tidak diurus," pungkas Gubernur. (AM)

Masyarakat 9 Desa di Lingga Dapat Kado Istimewa Listrik PLN Dari Gubernur Ansar Ahmad

03.46
Pagi ini wajah Baharudin berseri-seri. Senyum cerianya mengulas. Lelaki warga desa di Pulau Baran Kecamatan Senayang yang bekerja sebagai nelayan ini siap menyambut kedatangan Gubernur Kepri Ansar Ahmad yang akan berkunjung ke desanya. Baju kurung melayu warna kuning yang dikenakannya makin menunjukkan gesture Baharudin yang sedang bahagia.

"Pak Gubernur kite kejap lagi datang wai. Untuk meresmikan listrik PLN di kampung kite ini. Kite sambut beliau dengan sepinggan beras kunyit dan setangkup doa selamat," kata Baharudin pada Rozali tetangganya ketika bergegas menuju pelabuhan Baran, Rabu (7/4).

Baharudin memang tidak menyangka kalau aliran listrik PLN yang sudah bertahun-tahun dirindukan bisa sampai di rumahnya. Tidak hanya Baharudin, perasaan membuncah juga dirasakan oleh masyarakat Baran lainnya atas masuknya listrik PLN ke desa tersebut.

"Terima kasih Pak Ansar. Terima kasih PLN. Kampung kami sekarang terang benderang" ujar Azizah, seorang ibu rumah tangga di Baran menambahkan.

Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad SE MM, General Manager PLN Riau Kepri Hartono, Kepala Dinas ESDM Hendri Kurniadi dan rombongan begitu sampai di Baran langsung disambut meriah oleh masyarakat. Tarian silat yang diiringi gendang bertalu-talu menyambut mantan Bupati Bintan dua periode itu di ujung dermaga. Kompang dan rebana juga menggema ketika langkah kaki Gubernur yang dikenal murah senyum itu menyusuri pelantar menuju tempat acara.

Dalam kata sambutannya, Gubernur Ansar Ahmad mengatakan hari ini ada 9 desa di Lingga yang sudah lama merindukan listrik PLN akhirnya bisa dipenuhi. Dirinya mengaku sudah berkali-kali meloby PLN pusat agar melalui program Kepri Terang, seluruh desa di Kepri yang belum teraliri listrik bisa dialiri listrik PLN. Dan loby itu berhasil. PLN secara bertahap akan membangun jaringan listrik desa di seluruh Kepri yang belum terjangkau listrik.

"Hari ini kita sangat berbahagia. Jaringan listrik desa sudah mulai dibangun dan dioperasikan di sembilan desa di Lingga. Kita ingin seluruh Kepri terang benderang," ujar Gubernur Ansar Ahmad.

Di Kabupaten Lingga, kata Gubernur, jumlah masyarakat yang menerima aliran baru listrik PLN di 9 desa tersebut sebanyak 1873 kepala keluarga. 

Dari jumlah itu sebagian besar melalui program mandiri. Sementara masyarkat yang kurang mampu membayar biaya instalasi ke PLN dibantu oleh Pemprov Kepri dan dana kepedulian lingkungan (CSR) perusahaan pertambangan yang ada di Kabupaten Lingga.

"Kita ingin program Kepri Terang bisa kita selesaikan dengan baik. Wilayah-wilayah yang masih belum terjamgkau listrik PLN akan terus kami perjuangkan," ujar Gubeenur.

Tidak hanya di Lingga, di daerah lain di Kwpulauan Riau yang belum terjangkau listrik juga terus diupayakan. Termasuk ada beberapa desa di dua kecamatan di Karimun yang hari ini juga secara resmi menerima aliran listrik PLN.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Kepri juga berkunjung ke 8 desa yang berada di 8 pulau itu untuk melihat secara langsung jaringan dan instalasi listrik yang terpasang ke rumah warga.

Sementara itu GM PLN Riau Kepri, Hartono, menyebutkan 9 desa di Lingga yang resmi mendapatkan program listrik desa diantaranya  8 desa di Kecamatan Senayang dan satu desa di Kecamatan Pisek. Delapan desa di Senayang diantaranya Desa Pulau Duyung (155 KK), Desa Temiang (150 KK), Pasir Panjang (168 KK), Desa Baran (180 KK), Desa Mamut  (125 KK), Desa Tanjung Lipat: (160 KK), Tanjung Kelit (270 KK) dan Desa Laboh (162 Kk). Sementara di Kecamatan Posek yang mendapat aliran listrik baru adalah Desa Suak Buaya sebanyak (160 KK).

"Baru-baru ini tiga desa di Kecamatan Karimun Kabupaten Karimun juga sudah teraliri listrik PLN. Tiga desa tersebut Desa Tulang, Tanjung Hutan dan Tanjung Batu Kecil," jelas Hartono.

PLN Riau Kepri, kata Hartono, akan terus menyelesaikan persoalan listrik bagi desa-desa yang belum terjangkau secara bertahap. "Kita dukung penuh program Kepri Terang dari Gubernur Kepri Pak Ansar Ahmad. Semoga dalam waktu tiga tahun bisa selesai semuanya," pungkas Hartono. (AM)